Jadi Jurnalis dulu ah..


Seneng banget pas tau ternyata sekolah gue punya majalah, ngebayangin jadi tim redaksi yang kalo di film-film New York itu keren, cetak-cetak kaya gogirl, padahal mah ngga. Tapi seneng banget lah bisa nyoba hal baru, ketemu orang baru, belajar hal baru, sesederhana seneng tau ada EYD baru :)

Kuliah komunikasi juga makin bikin penasaran sama nulis, jadi ikutan HIMA jurnalistik, sesederhana seneng punya senior dengan kesenangan yang sama. Nah darisini, tau kalau mereka punya kegiatan lain diluar, jadi Jurnalis di Koran Sindo, rubriknya khusus mahasiwa Namanya GenSindo, kerjaannya liputan, ketemu orang baru, orang hebat, dapet merchandise, dapet makan gratis, dapet uang jajan. Siapa tau makin lancar dapet informasi karir yang kuharapkan seperti media di luar negeri.

Iseng deh daftar, kalian yang masih mahasiswa ikutin informasinya deh, waktu itu gue dikasih tau sama senior sih, terus liat di twitter Koran Sindo. Kenapa Koran Sindo? Karena itu yang gue tau sih, yang lainnya gatau hahaha. Jadi kalian bisa juga update media lain, karena sering banget mereka buka lowongan magang/volunteer/freelancer per-batch.

US Embassy, Jakarta.
Pertemuan pertama kenalan sama Mba Esty yang baik hati, kumpul sama temen2 batch 4 GenSindo, kita dibagi ke beberapa kelompok. Kelompok itu yang nantinya bakal bagi tugas untuk nulis sesuai tema yang udah disepakati. Kita brainstorming ide untuk jadi tema yang menarik dan cocok untuk GenSindo, yang rubriknya dikhususkan untuk mahasiswa. Dan ya temen kelompok gue sekarang jadi istri tetangga gue! Padahal rumah aja jauhan. Ternyata ada juga yang udah publish buku. Macem-macem deh. Pernah juga ikutan pelatihan jurnalistiknya bareng Aliansi Jurnalis Indonesia di Embassy of United State.

Kalau jadi Jurnalis harus punya ide segar, tapi tetap sesuai kode etik, tentunya harus bikin pembaca penasaran dan keasikan baca artikel kalian. Mudah dimengerti tapi ngga monoton, dari tema yang ada di kehidupan sehari-hari tapi ngga basi. Mesti kreatif! Sesederhana pemilihan diksi untuk menambah kamus bahasa pembaca. Susah? Gampang? Seru? Ya tergantung kalian enjoy atau ngga, suka menghadapi tantangan atau ngga.

Jadi alurnya adalah, kalian tentukan narasumber terkait, kalau di acc langsung cari kontaknya. Narasumber ngga mesti artis kok, yang penting mereka punya nilai diri yang patut orang lain contoh, yang patut jadi inspirasi. Nah menghubungi narasumber juga jangan santai-santai amat ya, itu sama aja kaya kirim pesan ke dosen. Harus sopan :)

Perkenalkan diri, kalian bisa hubungi narasumber via email, telpon, atau WA. Jangan lupa salam ya! Kenalin nama kalian, darimana, keperluannya apa, bersedia di wawancara apa ngga, kalau bersedia tanya deh waktu kosongnya kapan. Kalau ternyata jarak dan waktu tidak mengizinkan kalian untuk bertatap, minta izin aja untuk wawancara tidak langsung. Bisa lewat telpon, email, atau narasumbernya kirim Voice Note. Tapi kalian jangan, plis, ngga banget. Hehe.

Susun pertanyaan relevan, pilih pertanyaan paling penting, relevan, tapi juga singkat ya, karena jatah tulisan kalian layaknya iklan baris di koran. Limit :-* Karena gue pernah nulis artikel panjang, tapi sama editor di cut juga, karna keterbatasan dan mungkin tulisannya ngga relevan atau ngga patut di cetak se-Indonesia. Biasanya 1 pertanyaan itu jawabannya bisa luas, jadi bisa kita edit di akhir aja sebagai resume. Prinsipnya masih sama dengan pelajaran waktu SD kok, 5W + 1H.

Foto narasumber, nah kayanya ada SOP juga sih untuk pemilihan foto, yang pasti mukanya jelas, close up, resolusi tinggi. Sesuaikan aja sih sama kebutuhan, kan suka ada aja artikel yang butuh gambar yang luas, landscape, enak diliat walaupun dicetak satu halaman koran hehe :)

Susun cerita, kalian harus bikin artikel itu terkesan hidup, bisa menggiring imajinasi pembaca, ohya fungsi ada foto/gambar juga untuk membatasi imajinasi pembaca agar tidak terlalu liar sih. Misalnya artikel “How to”, ngga kebayang dong kalau ngga ada ilustrasinya? Terserah kalian bikin alur maju atau mundur, biasanya sih maju ya. Kalau mundur itu identik sama novel atau naskah sinetron. Jangan TYPO alias SALTIK, saltik adalah bahasa Indonesia baru loh, artinya “salah ketik”. Bayangin aja kalau tulisan kalian dimuat di seluruh Indonesia, tapi saltik, kan sayang banget. Gue juga nih suka saltik, butuh ada yang ingetin.

Follow up, nah kirim deh tulisan kalian ke editor untuk siap cetak! Jangan lupa infoin narasumber kapan tulisannya tayang, dimana, bisa diakses dimana, atau bisa juga kalian kirim softfile-nya ke email mereka.

Itu jadi jurnalis pas masih mahasiswa versi gue, tiap orang pengalamannya pasti beda-beda.

Semakin berbobot tulisan kalian, semakin berkesan juga untuk pembaca, media, dan narasumber. Semakin banyak pembaca, semakin meningkat traffic media. Semakin senang pembaca sama tulisan kalian, semakin semangat juga kalian untuk nulis kan! Cobain mulai dari sekarang, kalau ngga sekarang, ngga akan nulis sama sekali deh. Practice makes perfect!

Comments

Popular Posts