Cara lulus Tes SIM A ngga pake nembak!


Hai. Kalian pasti udah ngga asing sama pembuatan SIM nembak alias langsung jadi. Tau ngga sekarang tarifnya berapa? Umumnya sih 750.000/SIM beda lagi kalau ada kolega 750.000 bisa dapet 2. Apa semua orang punya kolega atau akses yg mudah ke Polres? Ngga, dan itu biar jadi pilihan terakhir aja kalau kalian ngga lulus tes SIM berkali-kali.

Pilihan pertamanya apa dong? Cobain lah, tes sendiri, datang ke Polres sendiri, belajar mandiri oke. Kata orang, bikin SIM itu ribet harus bolak-balik. Bener sih, pertama datang pendaftaran, kedua datang Tes Tertulis dan Praktek, kalau salah satu dari tes ngga lulus, kalian harus balik lagi. Nah gimana sih cara mengatasi biar ngga bolak-balik? Caranya kalian harus daftar online! Disini http://sim.korlantas.polri.go.id/

Tapi, waktu itu daerah gue, Polres Kabupaten Bogor, sih lagi ngga bisa daftar online, dan kayanya belum semua area bisa daftar online. Jadi silahkan cek daerah kalian dulu yaa.

Syarat pembuatan SIM secara umum,
1.       Bisa mengendarai motor/mobil
2.       Minimal usia 17 tahun
3.       Mempunyai e-KTP
4.       Kertas pendaftaran online (kalau daerah kalian bisa ya)

Jadi kalian datang ke Polres daerah masing-masing, Polres loh ya. Gue mah nyasar dulu ke Polsek Cibinong hahaha. Kalau di Polres Kabupaten Bogor, pertama tes kesehatan dulu, cek tekanan darah, buta warna, terus nih ya kalo gue sih bukan dicek tapi kita sendiri yang ngasih tau ke petugas kesehatannya BB dan TB kita berapa, baik 🙂 Abis itu kalian bayar 30.000, terus beli map 2.000, kalau ngga salah SIM A warna biru, SIM C warna hijau. Kalau SIM B warna apa ya gatau..

Kedua ke bagian pendaftaran dulu, untuk tentuin jadwal tesnya. Kalian lebih baik sesuaikan juga sama jadwal seminggu kedepannya, karena kalau tesnya ngga lulus, minggu depan kalian harus balik lagi. Ngga bisa lebih cepet, tapi bisa lebih lama, lucu ya.

Kalau kalian udah daftar online, berarti di hari itu kalian tinggal tes tulis dan praktek. Kalau kalian belum daftar online, silahkan datang sesuai jadwal yang kalian buat ya.

Ketiga, tes tulis yang ngga lagi menulis, sekarang udah pakai komputer, touch screen lagi! Soal tes nya ini Audiovisual, buat kalian yang suka cari referensi latihan soal simulasi tes SIM di internet, hati-hati. Karena yang gue pelajari beda banget ternyata! Huh.


Tes Audiovisual lebih mudah dari tes yang gue pelajari, pasti tujuannya dipermudah supaya yang sudah effort bikin SIM secara mandiri, baik muda maupun tua tetep bisa ngerjainnya. Menurut gue soalnya lebih real juga sih, jadi pengemudi juga bisa sambil membayangkan keadaan sebenarnya di jalan. tapi tetep aja gue ngga lolos, skor gue 60 dari seharusnya minimal 70. Gue terlalu terburu-buru, terlalu sombong menganggap soal nya mudah, padahal butuh konsentrasi! Padahal jawabannya udah ada di audionya duh gemes. Jadi yauda gue pulang dan balik lagi di minggu depan :)

Tips lulus Tes Audiovisual SIM adalah, dengarkan, pahami baik-baik tayangan di monitor. Karena yang biasanya ditanyain itu “apakah yang dilakukan pengendara mobil merah tersebut benar?” “apakah yang dilakukan pengendara mobil merah tersebut salah?”, belajar dari kesalahan, skor gue 90! Hahaha terus langsung tes praktek, duh degdegan ngga sih.

Tes praktek SIM A bisa pilih mau mobil manual/matic. Kalau kalian pilih manual, kalian harus banget udah ngga gagap pakai setengah kopling itu, karena kalau gue sih masih 78.99%. Jadi gue pilih apa? matic doong. Menghindari mati mesin, menghindari minggu depan ulang lagi, karena udah ijin kerja, pokoknya effort ini harus terbayarkan. Harus. Lagi nunggu giliran, gue chat ayah ibu aja, minta doain pulang ke rumah bawa SIM :p Udah kebayang lagi aja yang dipelajarin di youtube Mas Wahid, cara parkir paralel, parkir seri, jalan zig-zag, berenti di tanjakan dan turunan.. pas ngantri, alhamdulillah banyak yang antri jadi bisa lihat orang lain dulu deh..

Eh, gue malah di panggil pertama. Kata Pak Polisinya “kan ladies first, terserah saya mau siapa duluan” hahahaha iya seneng jadi ga lama, tapi kan jadi gabisa nyontek bapak-bapak yang lain!? Yauda iya, tarik napas dalam-dalam dah. Jadi gue muter balik, ke tanjakan lalu turunan, muter balik. Terus, udah. UDAH WOI cuman 5 menit?! Tes parkir? Tes zig zag? Ngga! Haha YASSS! Terus? Udah, langsung ke loket pembayaran deh untuk SIM A 150.000, SIM C 120.000, SIM lainnya lupa :)

Kenapa tes prakteknya singkat? Di area tes parkir dan zig-zag dipake jadi tempat parkiran mobil. Gatau mobil apa untuk apa dan gimana. Menurut gue ngga mungkin dipindahin sih, mungkin hoki juga, atau mungkin dipermudah juga sama Allah biar ngga bolak-balik. Yaudah positifnya aja, Pak Polisi mau bantuin kita yang mau berusaha bikin SIM Mandiri kok. Total pembuatan SIM A ini 182.000, jauh banget kan dari harga nembak! Cepet banget cuma 1 jam deh kayaknya, yg bikin lama itu kan karena tes gagal kemarin, karena ceroboh, bukan karena sistem pembuatan SIM yang ribet kan?

Yuk coba bikin SIM tanpa nembak, selamat mencoba!

Comments

Popular Posts