Pengalaman pertama kali kerja, gue first jobber!


Hai.
Gue mau berbagi cerita menjadi commuter fighter alias pengguna kereta untuk bekerja, setelah gue resmi jadi sarjana. Agustus 2016 lalu alhamdulillah gue lulus sidang. Oktober 2016 gue wisuda, dan November 2016 gue memulai hari pertama kerja di Jakarta sebagai Business Executive di salah satu perusahaan start up bidang Market Research and Advertising. Gue dapetin hal-hal berharga saat kerja, interpersonal skill, networking, ability, mindset, dan kemandirian. Sumpah kerja itu seru banget! Banyak yang gue rasa memudar setelah resign. Ya, that’s life.

Jepe 9, Jaksel.
Lokasi kantor gue stasiun terdekatnya itu stasiun pasar minggu. Karena ngga terlalu padet banget (padahal padet juga si), jadi gue memberanikan diri untuk PP Bogor-Jakarta dengan jarak sekitar 60km. Selain itu juga bisa lebih hemat duit, tapi ngga hemat tenaga. Alasan paling utama sih, gue ngga bisa sehari tanpa lihat senyuman keluarga gue, cia ilah. 😔

Adaptasi yang paling pertama bikin gue shock adalah waktu. Alhamdulillah jam masuk kantor gue 9-18, and it goes just relax. Bos dan kerjaan gue termasuk friendly. Jadi gue seringkali sampe di kantor jam 10 tapi tetep pulang jam 18. Tapi, karena jarak rumah-kantor yaaaaang jauh banget, jadi gue tetep berangkat jam 7 atau 8 pagi dan sampe rumah jam 9 atau 10 malam. Mungkin itu alasan gue sakit.

Tiga bulan pertama kerja, gue sering ngga masuk karena sakit. Sebulan ada aja absennya. Cape, kurang tidur, telat makan, masuk angin, udah jadi temen gue tiap hari. Pikiran gue juga masih bercabang, belum fokus dengan apa yang seharusnya gue lakukan di kehidupan baru gue. Antara pengen nabung sebanyak-banyaknya atau nyenengin diri gue dengan hang out atau belanja, haha, karena belanja pake duit sendiri itu lebih menyenangkan cui. Tapi gue termasuk orang yang belanja kalo butuh aja kok, serius. So, saat gue punya duit sendiri, gue happy bisa punya apa yang gue butuhkan selama ini. Tapi setelah itu langsung nanya sama diri sendiri, “duit gue kok abis? Tabungan gue mana ya….”

Kesalahan-kesalahan gue selama 3 bulan, terus gue evaluasi, gue cari titik tengah dan solusinya, semoga bisa jadi pembelajaran kalian agar tidak mengulangi apa yang gue rasakan. Ohya gue ngga cari kosan karena gue sangat amat di khawatirkan kalau ngekos di Jakarta. Ya, bokap gue mungkin terlalu hawatir jadi ngga mau lepasin anaknya sendirian.

Jadi gimana caranya gue menyesuaikan diri biar ngga sakit mulu dan tetep punya tabungan?

Popular Posts