Tips Hemat dan Sehat Pertama Kerja

Perbaikan yang gue mulai pertama adalah, merutinkan sarapan pagi di rumah dan bawa botol minum, kalau ketinggalan ngga sarapan di rumah, biasanya gue makan bubur ayam cianjur di pertengahan perjalanan gue. Botol minum berguna banget buat hemat, kalau beli minuman di luar harganya bisa 4000-5000 belom lagi kalau tergoda beli minuman ini itu. Terus, kalian bisa isi ulang botol minum di kantor, jadi awet sampe pulang! Kalau gue berangkatnya telat biasanya beli roti dan susu di minimarket, muffin coklat di indomaret stasiun pasar minggu adalah favorit gue, juga roti coklat keju merek apa ya gue lupa, saking seringnya gue beli roti, sampe nyadar kenapa makin sering gue beli makin naik harganya dan makin kecil ukuran rotinya T_T Makan siang gue biasa beli deket-deket kantor aja, lumayan masih terjangkau Rp 10.000-25.000an, tapi lama-lama bosen, dan menyadari apakah makanan ini bersih atau ngga.. dan dihitung rata2 makan siang sebulan (working day) bisa (15rb*20hari) Rp 300.000 dan gue bisa menghemat itu kalau gue bekel dari rumah!

Kedua, gue berusaha untuk membawa bekal makan siang dari rumah, gue mulai dengan beli tempat makan kecil untuk wadah nasi, dan plastik perempatan untuk wadah lauk sayur, supaya tetep muat di tas kecil gue dan gampang dibuang aja gitu, soalnya gue paling males pake tas gede dan fighting di kereta, bawa2 beban selama 2 jam, pegel cui. Tantangan selanjutnya buat gue adalah masak. Karena di rumah jarang masak jadi gue harus bisa mengandalkan diri gue sendiri, jadi gue masak apa aja yang gue bisa. Bahkan lebih memuaskan loh, karena sesuai sama yang gue suka, dan cooking skill gue meningkat, yay! Ditambah lagi, temen2 kantor gue juga pada bekel, bikin tambah seru. Tapi kalau telat, semua rencana rusak dan kembali beli makanan di sekitar kantor haha.
Ohya jangan lupa manfaatin makanan yang disediakan sama kantor, walaupun sekedar minum teh manis atau susu, itu nikmat jadi jgn dilewatkan, daripada ngopi cuma bikin gue degdegan jadi gue minum susu :p ya siapa sih yang bakal melewatkan makan atau minum gratis.
Karena gue bawa bekal untuk makan siang, gue selalu apresiasi diri gue untuk jajan di sore hari. Teringat omongan sahabat gue

“lu ngga perlu sayang-sayang duit buat makan, lu harus lebih sayang sama badan lu yang kurus itu”
baik, itu kata motivasi untuk gue menaikkan berat badan. Terima kasih dyanza.

Jadi uang makan siang gue alokasikan untuk jajan sore atau makan malam. Misi gue saat itu adalah, makin sering gue makan bakal makin sehat, makin dekat dengan goals menaikkan berat badan!

Ketiga, wajib makan malam di bawah jam 9! Tadinya gue susah buat makan malam, pertama karna males makan sendiri, kedua sampe rumah kemaleman keburu cape ahirnya langsung tidur. Tapi ngga lagi setelah gue beraniin diri untuk beli onigiri di indomaret stasiun pasar minggu atau mampir ke KFC di stasiun bogor. Awalnya gue coba makan di tempat, tapi gue nyampe rumah jadi makin malem dan jalanan makin sepi huh. Jadi gue putuskan untuk take away dan naik angkot di kursi depan! Terus makan di angkot! Hahaha sangat menghemat waktu sekali :) bangga sekali gue.
Gue berhasil naikin berat badan hampir 5kg kali ya dari 45kg jadi 50kg yaaay!
Lama-lama ya bosen juga, mungkin ini juga jadi bibit penyakit gue yang laen T_T
Lama-lama juga sedih amat makan ditemenin supir angkot…….. Kadang ada yang bisa diajak makan malem, kadang yauda gue balik lagi untung-untungan makan di rumah atau ngga makan malem :) ternyata mempertahankan ngga kalah sulit dengan memulai.

Keempat, sedia tolak angin saat perut kalian udah mulai kembung, paracetamol saat kepala kalian mulai pusing, dan yaaa jangan ada gengsi kalau saat kamu sakit dan butuh bantuan orang lain, atau sekedar nanya baiknya gue minum obat apa.

Kelima, gue download aplikasi Money Manager yang gambarnya babi, di playstore. Entah kenapa gambarnya babi. Apa karena ada babi ngepet? Tapi gue rasa ngga ada babi ngepet sampe ke luar negeri, karena apps itu buatan orang luar. Hahaha garing baik.

Disitu gue input pemasukan dan pengeluaran gue, gue jadi tau porsi yang terlalu besar itu kepake apa. Bikin gue bisa menahan-nahan diri untuk menghabiskan uang atau merelokasi pengeluaran gue. Sampai tiba saat gue berdiskusi dengan rekan gue, yang dengan rinci menjelaskan dan mencerahkan baiknya gaji kita dibaginya gimana, tapi sayang sekali gue tidak mencatat proporsinya, yang gue ingat adalah peruntukannya. Pastikan kamu udah diskusi sama keluarga kamu, apa aja yang bisa kamu bantu untuk dibayarkan, misal kamu kebagian untuk bayar listrik, internet, cicilan motor, tambahan PRT, untuk ayah/ibu kamu tercinta, pulsa kamu, sedekah, tabungan wajib per bulan, jatah hang out, jatah belanja kamu, ongkos kereta/ojek online/angkot/bis, jatah makan, dan tentunya harus konsisen.

Penghematan itu berhasil, setidaknya sampai duit kamu nyatanya akan dipakai untuk keperluan yang lain. Dan pufff habis lagi duitnya hahaha. Ohya anak-anak sekantor pada arisan, sekalian buat nabung, alhamdulillah gue bisa beli hp haha. Beli hp disini bukan untuk hedon, tapi untuk menunjang keseharian gue, seperti support sinyal 4g, kamera ciamik untuk kirim dokumen, batre awet seharian jadi kalau seharian meeting ngga perlu hawatir. Tapi, sebenarnya arisan itu ngga boleh di agama Islam, karena itu sama aja berutang dan masa kita ngutang eh malah dipake traktiran arena menang arisan hehe penjelasan selebihnya cari aja dakwah di youtube atau kajian ya pokoknya jgn salah paham dulu. Alhamdulillah temen kantor gue soleh solehah jadi kita punya aturan untuk ngga pake duit arisan itu untuk traktiran, bener2 dipake untuk kebutuhan, ada yang buat anaknya sekolah, lahiran istrinya, ya banyak lah. Setelah arisan kita selesai, kita ngga ngadain lagi deh :) Terima kasih Ka Alfi, Mba Mey, Ka Fatih, Intan, Pak Oi, Mas Fajar.

Tips hemat dan sehat dari gue segitu aja, simpel tapi butuh effort dan niat untuk ngelakuinnya! Jangan lupa baca bismillah dan minta ridho dari Allah untuk dimudahkan jalan perjuangannya :) Gimana tips hemat dan sehat kalian?