Kerja di Kantor Islami, Alhamdulillah Banyak Belajar



Another chapter, I got a contract with one of property company at Bogor, alhamdulillah. Then I am being part of finance division, absolutely it wasn’t me, I am the clumsy person then shud act as neaty as shud be. Then it’s a chance for me, so that I can unlimit my self. 

Then lets go ahead!

Kantor Islami ngga hanya penampilannya aja, tapi transaksi dan pembuatan peraturannya juga InsyaAllah sesuai hukum Syar'i.

Jadi bagian divisi finance harus banget jadi orang yang detail, ngga ceroboh biar ngga salah input data, dan ya gue akan belajar tentang excel! Di hari pertama pastilah sudah sewajarnya kita kenali lingkungannya, dari kantornya, ruangannya, toilet, mushola, temennya, atasannya, dan pekerjaannya.

Ada SOP yang unik, jenis pakaian sehari-hari kita adalah formal syar’i. Ikhwan nggak boleh pake celana jeans. Akhwat pakai gamis dan kerudung syar’i, alhamdulillah belajar jadi akhwat sesungguhnya, semoga bisa terus jadi kebiasaan sehari-hariku ya :) kata salah satu bacaan yang pernah gue baca, setidaknya latihan dalam waktu 21 hari berturut-turut melakukan hal yang sama, akan menciptakan kebiasaan baru, dengan syarat niat sungguh-sungguh, jangan nyerah, berdoa sama Allah, dan lakukan terus menerus jangan cuma 21 hari tapi selamanyaaaa.

Ada rutinitas yang unik juga, yang sebenarnya gue sering temuin ini di karakter individu. Tapi ini diterapin di perusahaan. Jadi sebelum mulai aktivitas kerjaan, dianjurkan banget untuk sholat dhuha. Ada waktu khusus yang diperuntukan untuk solat dhuha, dan wajib banget ngingetin yang lain.

Setiap hari jumat, ada kajian untuk Akhwat dan Ikhwan, secara terpisah. Kajiannya di pimpin ustad yang sekaligus CEO, juga ustadzah yang sekaligus istri dari salah satu atasan di kantor. Seperti biasa sih, kajiannya dimulai dengan tadarus, sembari duduk melingkar sambari nunggu giliran untuk ngaji. Ngaji di depan orang lain, menurut gue ini juga jadi bahan belajar sih, saling denger pelafalannya, saling ingetin kalau salah baca, terus jadi termotivasi buat bagusin bacaannya, minimal ngga sumbang he he he. Kajian mingguan ini bahas buku tentang tauhid, judulnya “Materi Dasar Islam, Islam Mulai Akar Hingga Daunnya”. Wah yang dibahas macem-macem, beberapa gue ada catatannya sih, insyaAllah di tulis di blog ya nanti! (nanti means I don’t know it will come true or not), terus dapet buletin Kaffah setiap mingguuu. Tau dong buletin yang terbit setiap jumat ini? Biasanya suka dibagiin pas lagi jumatan.

Hei, tempat ini juga mendukung banget aksi bela islam, setiap ada aksi, saling ngajak pergi, alhasil tiba-tiba kantor libur. 

Oke, tempat ini punya beberapa divisi, atau strukturnya kurang lebih begini, Owner – CEO – COO, CMO, CFO, Operation & Legal, Finance & Administration, GA, Marketing, Project Leader, Legal, Accountant, Finance, Collection, Media, dan yang paling baru banget IT (tentunya untuk develop system di kantor).

Gue, collection, apa aja yang gue kerjain? Kewalahan ngga sih sama jobdesknya?

Comments

Popular Posts