Tips Lolos Interview Kerja (sebelum interview)


Hal pertama dari teori kuliah yang gue realisasikan adalah wawancara kerja. Gue ada beberapa tips lolos wawancara kerja yang mungkin bisa membantu kalian. Ini berdasarkan pengalaman gue datang pelatihan di kampus, dan pengalaman pribadi tentunya. Saat dapat panggilan dari perusahaan pastikan kamu tahu siapa nama orang yang telepon/email kamu, jangan segan untuk nanya ya, karena menurut gue ini bisa jadi backup ketika udah sampe di alamat perusahaan, kamu bisa pastikan orang itu bener-bener kerja disitu, bisa juga untuk kamu lihat profilnya di linkedin dsb, atau mungkin ternyata ada miss communication tentang jadwal wawancara kerjanya.

Pastikan juga kamu siapkan berkas-berkas yang diperlukan, biasanya kamu harus siapin Surat Lamaran Kerja, Curriculum Vitae, Pas Foto (3x4 berwarna dan terbaru, atau siapin juga ukuran foto lain ya), Fotokopi eKTP (baiknya langsung perbanyak aja deh, takut eKTP nya rusak), Fotokopi Kartu Keluarga, Fotokopi Ijazah (kalau masih punya, baiknya yang sudah di legalisir), dan Portofolio yang berhubungan sama posisi pekerjaan kamu. Siapin backup-nya di email atau file manager hp kamu. Nah kalo gue biasanya lupa mulu sama transkip nilai 😂


Well dressed. Ini adalah first impression kamu dengan pihak perusahaan, jadi jangan sampai salah pilih baju ya! Tentu kamu harus berpakaian formal, bahan pakaian juga harus diperhatikan, tetap nyaman, menyerap keringat, dan ngga pake jeans. Hindari menggunakan pakaian bermotif, kecuali motifnya ngga keramean, warnanya ngga mencolok, atau kamu pakai scarf. Pilih warna basic, netral, maksimal 2 warna aja sih.. Hindari warna pakaian yang from head to toe ya! Ngga enak diliat aja kalau kamu pake item-item, misal kamu nyaman dan percaya diri pakai warna hitam, coba sepatunya pakai warna lain. Sekarang lagi hype sih formal look yang 1 set, bagus gue juga suka sih, asal pinter-pinternya kamu mix and match aja dan jangan lebay. Laki-laki pakai sepatu formal ya jangan sneakers. Perempuan bisa pakai heels/wedges/flatshoes asalkan jari-jari kakinya tertutup yaa, warnanya juga jangan mencolok, jangan lebay juga pake heels 7-15 cm :’( lebih baik kamu pakai yang 3-5cm biar lebih nyaman.

Jangan lupa rapikan rambut kamu, perempuan jangan digerai, diiket ya rambutnya atau sekedar di jepit setengah gitu, kecuali rambutnya pendek. Perempuan yang pakai kerudung juga harus memperhatikan bahan, warna, dan stylenya. Jangan pake bahan satin yang mengkilap itu, kalau kamu mau pake yang agak licin atau shiny, bisa pilih bahan velvet, maxmara, atau voal. Hindari pakai kerudung dengan style yang macem-macem, plis simple aja ini bukan kondangan. Gunakan tas yang tidak terlalu kecil atau terlalu besar, jangan tas buat main juga si.. tas yang bisa muat keperluan kamu tapi ngga ngeribetin kamu. Kalau kamu pakai ransel, pastikan jangan ngegembung banget ya.
Pastikan kamu berpakaian sopan, makeup natural, wangi badan dan wangi mulutnya haha. Jangan lupa sedia permen! Tapi makannya sebelum wawancara ya.

Attitude. Ini dia, first impression yang paling penting! Bawa tas kamu dengan cara dijinjing, supaya ngga ribet pas mau salaman atau mau duduk. Apalagi sambil main hp, duh jangan deh.
Udah siap wawancara? Jangan lupa cek lokasi ya, perhitungkan waktu kamu jangan sampai datang telat. Terus kalau udah siap wawancara, siap pergi, nyampe lokasi ngapain yaa?🤔



Popular Posts